Stock Opname Perpustakaan AKATIGA

Stock Opname Perpustakaan AKATIGA

Stock Opname (pembaharuan data) adalah kegiatan yang sangat penting dalam pelayanan perpustakaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui koleksi yang ada di perpustakaan dan jumlah data yang ada di database (katalog online) atau buku induk untuk dapat diselaraskan sehingga menghasilkan jumlah koleksi yang teraktual. Sehingga mengetahui berapa banyak koleksi yang hilang, koleksi yang baru ditambahkan, dan koleksi yang belum dimasukan pada database.

stockopname2

Dalam pengerjaannya stock opname sering kali diikuti oleh kegiatan lain seperti, input database, katalogisasi, klasifikasi, shelving, preservasi, dan labeling. Berikut  ini adalah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh perpustakaan AKATIGA.

  1. Database mencatat adanya 6.014 koleksi yang ada di Senayan dimana koleksi tersebut terdiri dari sebanyak 5.890 data buku yang seharusnya ada di perpustakaan dan sejumlah 124 koleksi yang dipinjam.

  2. Setelah dilaksanakan pembaharuan tercatat sejumlah 5.336 (90%) koleksi yang ada di perpustakaan (berstatus exist) dan 124 koleksi berstatus dipinjam dengan kata lain 554 koleksi dinyatakan hilang

  3. Shelving menggunakan system pengurutan berlapis yaitu berdasarkan nomor klasifikasinya dan berdasarkan abjad pertama dari judul yang diterapkan pada seluruh koleksi buku.

  4. Preservasi telah dilakukan pada seluruh buku yang ada di rak, yang biasanya debu paling banyak terdapat di bagian atas buku dan belakang buku (rak penyimpanan).

  5. Pengisian entri data untuk 349 koleksi yang belum masuk Senayan meliputi pengisian judul, no klasifikasi, no panggil koleksi dan no ID atau no Induk.

  6. Menempelkan label dan barcode untuk mempermudah pencarian koleksi dilakukan pada seluruh koleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>